Tentang Kami

Desa Gapuk merupakan salah satu Desa yang ada di Kecamatan Gerung yang berjarak + 2 Km dari Pusat Pemerintahan Kecamatan dan + 3 Km dari Pusat Pemerintahan Kabupaten.

Desa Gapuk merupakan salah satu dari 11 Desa dan 3 Kelurahan yang ada di wilayah kecamatan Gerung, Desa Gapuk merupakan Desa Induk yang lahir pada tahun 1917, dimana lahirnya Desa disaat situasi Negara Indonesia dalam perang melawan penjajahan Belanda, yang dipimpin oleh Aq. Gorak dari Gapuk, pada pemerintahan ke-2 (dua) dipimpin oleh seorang raden yang bernama Lalu Mohali dari Gerung, pada pemerintahan ke-3 (tiga) yang di pimpin oleh Lalu Jinade dari Gerung dan pada periode ke-4 (Empat) dipimpin oleh H. Mahidi dari Dusun Mesanggok, pada priode ke-5 ( Lima ) di pimpin oleh H.Sarapudin dari Dusun Gapuk, pada tahun 1966 – 1970. Priode ke-6 ( Enam ) dijabat oleh H.Mas’udin pada tahun 1970 – 1983, sedangkan pada tahun 1983 – 1984 dijabat sementara oleh H. Lalu Juarsih, Priode ke-7 ( Tujuh ), sedangkan pada tahun 1984- 1992 dijabat kembali oleh H.Mas’udin dari Dusun Mesanggok pada priode ke-8 ( Delapan ), dan pada priode ke-9 ( Sembilan ) di jabat oleh Drs.Tauni pada tahun 1992 – 2002 dengan melihat perkembangan yang memungkinkan / adanya lampu hijau dari Kabupaten Lombok Barat untuk melaksanakan pemekaran dan merupakan dari kemauan masyarakat Ego, Ketejer dan Kebon Kongok yaitu dusun-dusun tersebut sepakat untuk mengajukan Proposal Pemekaran Desa dengan pejabat waktu itu :

Kepala Desa                      : Drs. Tauni

Sekretaris Desa                 : H.Ismail dari Desa ( Gapuk )

Kaur Pemerintahan            : Ramli, S.Pd

Kaur Pembangunan           : Muslim Sejati

Kaur Kesra                        : Rabi’ah

Kaur Keuangan                 : Sayadi

Kaur Umum                      : Mahlul

Kaur Trantib                      : Sahwaludin

Adapun hasil dari keputusan hasil dari keputusan Pemerintah Kabupaten tersebut disetujui adanya pemekaran dengan diberi nama Desa persiapan Suka Makmur. Sedangkan pada tahun 2002 – 2004 dijabat oleh H.Anwar Sadat pada priode ke-10 ( Sepuluh ) dan pada tahun 2004 -2010 dijabat oleh Zulhaini, A. Md pada priode ke-11 ( Sebelas ). Dan pada tahun 2010 – sampai sekarang dipimpin oleh Nurdin, S.Pd.I.

Pada tahun 2010 atas keinginan masyarakat wilayah timur yaitu Dusun Mesanggok, Dasan Ketujur, Pelepok dan Dusun Kebon Jurang, mengusulkan kepemerintah Kabupaten untuk mengadakan pemekaran wilayah, dari hasil survei dan penilaian kelayakan, hal tersebut disetujui oleh Pemerintah Kabupaten Lombok Barat. Dengan demikian Desa tersebut diberi nama Desa persiapan Babul Ulum, sehingga kalu dilihat dari letak Geografis Desa Gapuk terletak +  3 Km barat kantor Pemerintah Kecamatan. Wilayah Desa Gapuk merupakan dataran rendah dengan hamparan sawah yang hijau denagn hasil pertaniannya dan pegunungan yang ada di sebelah barat pemukiman penduduk pembatas antara Desa Gapuk dengan Desa Kebon Ayu, sehingga dengan sumber daya alam dan potensi Desa yang terpendam dan menunggu tangan – tangan yang terampil dengan tidak merusak ekosistim / lingkungan merupakan wujut bahwa masyarakat Desa Gapuk mengharapkan sebuah kemakmuran, namun semua itu tidak terlepas dari sebuah pernasalahan-permasalahan dan isu strategis serta arah kebijakan pemerintah.

Desa Gapuk terdiri dari 6 Dusun yaitu :

  • Dusun Batu Mulya
  • Dusun Batu Mulik Karang Tengah
  • Dusun Batu Mulik Karang Bayan
  • Dusun Gapuk
  • Dusun Mesulik
  • Dusun Karang Penujak

Adapun batas-batas wilayah Desa Gapuk yaitu :

Sebelah Utara                               : Desa Suka Makmur

Sebelah Selatan                            : Desa Kebun Ayu

Sebelah Timur                              : Desa Mesanggok

Sebelah Barat                               : Desa Taman Ayu

 

Dari Luas Wilayah Desa Gapuk seluas 2.807,77 Ha. Dilihat menurut tata guna tanah sebagai berikut :

  • Tanah Persawahan                : 1.208,436 M2
  • Tanah Kebun                         : 604,771 M2
  • Perumahan/Pekarangan         : 823,021 M2
  • Perkantoran                           : 500 M2

Sawah Irigasi Teknis   : 1.208,436 M2


Kantor

Desa Desa Gapuk - Kecamatan Kecamatan Gerung - Kabupaten Lombok Barat
Alamat Jalan TGH. Muh. Saleh No. _ Desa Gapuk, Kecamatan Gerung
Kode Pos 83363
No.Telp N/A
Fax N/A
Email gapukdesa3t@gmail.com
Website gapuk.desa.id

KEPALA DESA

Nama: NURDIN, S.Pd.I
NIP: -
Jabatan: KEPALA DESA